Outdated | Sayembara Desain Bundaran Semarang (Undip)


[IN]
Kota Semarang sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah merupakan kota yang perkembangannya cukup maju. Untuk menjangkau pusat kota, terdapat jalan-jalan protokol sebagai akses utama, salah satunya yaitu Jalan Pahlawan. Jalan Pahlawan terletak pada kawasan perkantoran dimana terdapat bangunan-bangunan penting seperti Gedung Berlian, Kompleks Kantor Gubernuran, serta kantor-kantor instansi penting lainnya. Saat ini kawasan jalan Pahlawan  menjadi salah satu kawasan yang penting di daerah pusat kota Semarang. Jalan Pahlawan menghubungkan kawasan bawah (Simpang Lima) ke Perbukitan Candi/Siranda di daerah atas. Dahulu jalan ini bernama Oei Tiong Ham Weg. Sekitar tahun 1950-1960, jalan ini kemudian berganti nama menjadi Jalan Pahlawan Semarang.
Pada jalan  pahlawan, terdapat bundaran dengan air mancur yang keberadaannya sangat lekat dengan warga Kota Semarang. Dalam perkembangannya kemudian air mancur tersebut diganti dengan “videotron”. Namun, dikarenakan adanya suatu permasalahan, akhirnya videotron ini dibongkar. Hingga saat ini belum terdapat pengganti videotron, sehingga meninggalkan bekas berupa puing-puing yang kurang sedap dipandang mata. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Semarang berencana mengadakan sayembara guna mendapatkan desain landmark bundaran dengan air mancur yang lebih baik dan dapat menjadi ikon baru Kota Semarang.
Sehubungan dengan hal tersebut, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro bekerjasama dengan Dinas Tata Kota Semarang bermaksud mengadakan suatu seyembara ide desain Arsitektur yang diharapkan dapat menjadi landmark  bundaran air mancur di Jalan Pahlawan tersebut. Diharapkan masyarakat dan semua pihak yang memiliki perhatian dan kepedulian terhadap kawasan Jalan Pahlawan dapat berpartisipasi.

Ketentuan Peserta
  • WNI yang memiliki keahlian di bidang perancangan kawasan, arsitektur, landscape, dan seni rupa.
  • Peserta dapat terdiri dari perorangan atau kelompok yang beranggotakan maksimal 3 orang.
  • Bersedia membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100.000,- untuk mahasiswa dan Rp150.000,- untuk umum. Dapat ditransfer ke Bank BNI 46 a/n Ery Ayuningtiyas dengan nomor rekening 0251923840
  • Mengisi formulir dan data pribadi perorangan/kelompok
  • Bersedia mengikuti Dua Tahap Penilaian, yaitu Tahap I Penyisihan dan Tahap II Finalis 5 Besar.
  • Sayembara ini tidak diperkenankan untuk diikuti oleh para pihak-pihak yang terkait  dengan dewan juri dan panitia baik secara pribadi maupun profesional guna menghindari konflik kepentingan. Apabila dalam pelaksanaannya diketahui hal tersebut, panitia penyelenggara dapat membatalkan kepesertaannya.

Juri dan Hadiah
Anggota Dewan Juri sayembara ini adalah,
  1. Perwakilan IAI Jawa Tengah                                : Dr. Ir. Bambang Suprijadi, MSA
  2. Perwakilan arsitek praktisi                                   : Dr. Ir. Baskoro Tedjo, MSEB
  3. Perwakilan Pemkot Semarang                             : Ir. Eko Cahyono, MT
  4. Guru Besar JAFT                                                 : Prof. Ir. Eko Budiharjo, MSc
  5. Alumni Jurusan Teknik Arsitektur UNDIP             : Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto
Hadiah
Pemenang I                                                        15 juta rupiah + sertifikat.
Pemenang II                                                          7 juta rupiah + sertifikat.
Pemenang III                                                        5  juta rupiah + sertifikat.
Harapan I                                                           1,5 juta rupiah + sertifikat
Harapan II                                                           1,5 juta rupiah + sertifikat



Alur Pendaftaran
  1. Calon Peserta melakukan pembayaran ke rekening penyelenggara sayembara via transfer Bank BNI 46 a/n Ery Ayuningtiyas dengan nomor rekening 0251923840. Selanjutnya konfirmasi pembayaran via sms ke Ratih (083838774575) atau via email ke sayembaradies.archiundip@yahoo.com selambat-lambatnya tanggal 7 September 2012.
  2. Calon Peserta dapat mendownload file TOR, Formulir Pendaftaran pada link yang sudah disediakan di website www.diesnatalisarsitektur.undip.ac.id dan sayembaraarsitekturundip.blogspot.com
  3. Kirim Formulir yang sudah diisi beserta Scan Bukti Pembayaran dan Scan Kartu Identitas yg digunakan untuk pendaftaran ke email sayembaradies.archiundip@yahoo.com dan konfirmasikan pengiriman data diri via sms ke Ratih (083838774575) paling lambat adalah 8 September 2012 pukul 24.00 WIB.
  4. Calon Peserta yang sudah mengirimkan Formulir akan mendapatkan email balasan yang berisi Nomor Peserta, Data Fisik Lokasi Bundaran Air Mancur, dan Undangan Aanwijzing. Email balasan dikirimkan kepada peserta setiap hari Rabu dan Sabtu pada minggu yang sama dengan pengiriman Formulir dari calon peserta kepada panitia.
  5. Aanwijzing diadakan pada Senin, 3 September 2012, pukul 10.00 WIB, bertempat di Magister Teknik Arsitektur Universitas Diponegoro tepatnya di Gedung D ruang D101 Kampus UNDIP Pleburan,  dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi tapak. Peserta diharap mengkonfirmasikan kehadirannya pada panitia paling lambat 1 September 2012
  6. Pengumpulan karya paling lambat dimasukkan pada tanggal 24 September 2012 (cap pos), dan dikirim ke :
JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK
 UNIVERSITAS DIPONEGORO
Jalan Prof. Sudharto SH, Semarang 50275
  1. Hasil dari Tahap I Penyisihan akan diumumkan pada tanggal 15 Oktober 2012 melalui website, email, dan sms bagi peserta yang terpilih dan maju ke Tahap II Finalis 5 Besar. Informasi lanjutan juga akan di posting di web dan dikirimkan via email.
  2. Tahap II Finalis 5 Besar akan mengikuti penjurian langsung melalui presentasi karya masing-masing pada tanggal 9 November 2012, pukul 11.00 WIB, yang bertempat di Gd. A lantai 3 Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Pemenang akan diumumkan pada hari yang sama.
Penyerahan hadiah kepada masing-masing pemenang dilakukan pada acara Talk Show tanggal 10 November 2012.


(klik untuk men-download)

(klik untuk men-download)